Cara Merawat Tas Kamera

Menurut ane, secanggih atau semahal apapun tas kamera tidak mungkin terhindar dari ancaman kelembapan, kecuali tas kamera tersebut berbahan plastik/almunium, kedap udara serta dilengkapi pengatur suhu.. hehe (gendong drybox aja kali ya?). Intinya, apapun tas kamera yang kita miliki, tetap harus diperhatikan kondisinya, terutama ruang utamanya, karena:

  1. Bahan tas adalah kain (apapun jenisnya) memiliki sifat menyerap unsur air di udara. Maskipun setiap jenis kain memiliki kadar serap yang berbeda-beda, ancaman kelembapan tak terhindarkan.
  2. Sifat bahan foam pelindung kompartemen, jika kering, untuk beberapa waktu dapat menjaga udara yg relatif kering, namun dapat berubah sebaliknya, jika berlama-lama berada dalam ruang yang lembap/dingin akan menyerap dan menahan unsur air di dalamnya. Sehingga, daleman tas yg tertutup menjadi arena yang subur bagi tumbuhnya para jamur. Yang pada gilirannya jika kelak dipakai, akan menginfeksi peralatan-peralatan yang kita masukan, mengerikan bukan?!!

Oleh karena itu, beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya, antara lain:

  • Menjemur bagian dalam tas secara rutin, minimal selama 30 menit per-minggu. Lebih baik lakukan di pagi hari agar warna bahan tidak bladus.
  • Setelah dijemur, bersihkan (secara kering) setiap bagian kompartemennya, meskipun tidak dipakai, pasti ada partikel-partikel dari bahan kain yang berubah menjadi debu setiap saat.
  • Selalu masukan silica gel secukupnya, jangan lupa jemur silica gelnya secara rutin.
  • Jangan simpan tas kamera dalam lemari baju. Jika tas kamera tercemar aroma kapur barus, artinya partikel2 kapur barus nempel di bahan tas. Kapur barus sangat jahat bagi kamera digital.
  • Letakan tas kamera di tempat yang kering, jangan berdekatan dengan tempat yang lembap, misalnya deket kamar mandi.
  • Jangan menyimpan kamera, dkk. dalam tas kamera (menganggap fungsinya sama seperti drybox). Meskipun bahan2nya waterproof, tas kamera tidak kedap udara dan tetap berpotensi mengundang jamur/debu.
  • Setelah selesai jalan2/hunting, bersihkan kamera, dkk. dari partikel2 kompartemen sebelum dimasukan ke drybox.

Demikian secuil tips berdasarkan pengalaman ane. Tips ini terutama ditujukan bagi para pemula seperti ane, tidak ada maksud untuk menggurui para senior. Bila ada yang kurang atau ada yang salah, mohon ditambahkan/dikoreksi.

Mohon Bantu Share Gan.. Terimakasih.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *