TIPS Membeli/Memilih Kamera DSLR yang Baik

Untuk memilih/membeli kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect) memang penuh dengan pertimbangan dan perhitungan yang matang, apalagi untuk pemula yang memiliki budget terbatas. Bagi Anda yang berkantong tebal, gampang saja tinggal memilih yang berharga mahal atau kelas tinggi. Karena di dunia fotografi, harga biasanya menggambarkan produk, jika mahal yang artinya produk tersebut memang bagus. Tapi apakah harga mahal telah sesuai dengan yang Anda butuhkan?
Berikut tips dan trik memilih/membeli Kamera DSLR yang baik :

Kebutuhan Membeli Kamera
Ada banyak pilihan di pasaran dengan berbagai macam varian harga dan fitur. Sebelum menentukan, pikirkan dulu tujuan anda membeli kamera DSLR, fitur apa yang penting untuk Anda. Apakah Anda ingin kesederhanaan sebuah kamera DSLR ataukah Anda tipe fotografer yang ingin mengeksplorasi semua kelebihan yang ditawarkan sebuah kamera SLR.

Perhatikan Ukuran sensor CCD atau CMOS yang digunakan untuk menangkap image. Walaupun banyak sekali variasi ukuran, namun umumnya terbagi dalam 3 kategori, yaituFullFrame, APS-C dan Four-Thirds. Bagi sebagian orang, ukuran sensor (megapiksel) tidak terlalu penting, yang lebih penting adalah masuk kategori mana sensor-sensor tersebut.

Sensor
Yang membedakan ketiga macam sensor tersebut adalah Crop Factor. Bagi sebagian pengguna DLSR pemula, crop factor bukan merupakan hal utama, tapi perlu dipertimbangkan jika Anda ingin menggunakan DSLR sebagai pengganti kamera SLR lama anda. Jika sudah memiliki koleksi lensa yang mahal, ada baiknya mempertimbangkan untuk membeli DSLR Fullframe, karena jika tidak, gambar yang dihasilkan akan berbeda dengan SLR biasa.

Hal lain yg perlu diperhatikan memilih kamera DSLR adalah antishake systems. Karena gambar yang diambil pada pencahayaan kurang ataupun diambil dari jarak jauh akan rawan menjadi buram (blur) karena gerakan tangan atau kamera yang tidak disengaja.Image Stabilization ini dirancang untuk menghindari hal ini

Speed
Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah kecepatan. Baik kecepatan fokus ataupun kecepatan memotret. Kamera DSLR entry level pun memiliki kecepatan yang lebih baik daripada kamera saku high-end. Semakin mahal semakin meningkat pula kecepatannya. Hal ini diperlukan apabila Anda sering memotret objek bergerak misalnya mobil yang sedang melaju atau anda punya hobi menonton konser musik.

Ukuran dan Berat
Tidak kalah penting adalah ukuran dan berat body kamera, anda yang terbiasa dengan kamera saku tentu akan kagok atau sedikit kesulitan jika langsung menggunakan DSLR Nikon D3 misalnya. Sebaiknya dimulai dari yang berukuran compact semacam Nikon D60 atau Canon EOS 400D

Mohon Bantu Share Gan.. Terimakasih.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *